RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri 1 X
Mata
Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/semester : X / 1 dan 2
Alokasi
waktu : 35 menit
Standar
kompetensi : Memahami dasar-dasar
elektronika
Kompetensi
dasar : Menganalisis Rangkaian Listrik
Arus Searah dengan Metode Node
Indikator : 1. Mengidentifikasi
jumlah node pada rangkaian
2. Menjelaskan
perhitungan persamaan dari masing-masing node
3. Menjelaskan
perhitungan nilai persamaan dengan metode subsitusi
4. Menjelaskan
perhitungan nilai arus dan tegangan yang dicari
A.
Tujuan
Pembelajaran:
1. Mengidentifikasi
jumlah node pada rangkaian
2. Menjelaskan
perhitungan persamaan dari masing-masing node
3. Menjelaskan
perhitungan nilai persamaan dengan metode subsitusi
4. Menjelaskan
perhitungan nilai arus dan tegangan yang dicari
B.
Materi
Pembelajaran:
Metode
Analisis Node
Metoda
analisis rangkaian sebenarnya merupakan salah satu alat bantu untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang muncul
dalam menganalisis suatu rangkaian, bilamana konsep dasar atau hukum-hukum dasar
seperti Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff
tidak dapat menyelesaikan permasalahan pada rangkaian tersebut.
Sebelum membahas metoda ini ada beberapa
hal yang perlu diperhatikan yaitu
pengertian
mengenai tentang node. Node atau titik
simpul adalah titik pertemuan dari dua atau lebih elemen rangkaian. Junction atau titik simpul utama atau titik
percabangan adalah titik pertemuan dari tiga
atau lebih elemen rangkaian. Untuk lebih jelasnya mengenai dua pengertian
dasar diatas, dapat dimodelkan dengan contoh
gambar berikut.
selengkapnya. , , click here
No comments:
Post a Comment