Bayi Ini Sudah Dijual Sebelum Lahir


TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian Resor Metro Jakarta Barat kembali mengamankan seorang bayi dari pengembangan kasus penjualan bayi. Seorang bayi berusia dua bulan terlihat dibawa ke Polres Jakarta Barat bersama dengan dua orang wanita pada Rabu malam, 5 Februari 2013, sekitar pukul 20.30. 

Bayi berjenis kelamin lelaki yang bernama Hanif Rizki ini dibawa dari sebuah rumah di Jalan Adhi Karya, Kedoya Selatan, Jakarta Barat. Saat kedua wanita tadi digiring ke ruang pemeriksaan, mereka mengaku sebagai Else dan Rini. "Ini bayi dirawat oleh Fatimah (Rini)," ucap Else kepada wartawan, Rabu 6 Februari 2013. 


Else mengatakan bayi diperolehnya dari seorang bernama

Tati alias Librawati. Sementara Tati, ucap Else, mendapatkan bayi tersebut dari seorang bernama W. 

Di hadapan penyidik, Else mengaku harus mengeluarkan uang sebesar Rp 2 juta untuk membayar biaya persalinan Hanif kepada Tati. Sementara itu, Rini, orang yang mengaku mengadopsi dan merawat Hanif, tidak mampu menjawab asal usul bayi saat dicecar oleh awak media. 


Pada kesempatan terpisah, Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Hengki Haryadi menuturkan diamankannya seorang bayi ini merupakan pengembangan penyelidikan dari tujuh tersangka yang sudah diringkus sebelumnya. Penyidik, lanjut dia, menemukan modus baru dari jaringan penjualan bayi. "Sebelum lahir bayi ini sudah dipesan terlebih dahulu alias ada down payment (DP)," ucap Hengki di Polres Jakarta Barat, Rabu 6 Februari 2013. 


Tersangka Tati, lanjut Hengki, membayar uang senilai Rp 2,5 juta sebagai DP kepada ibu Hanif yang berinisial W. Ketika sang jabang bayi lahir, bayi langsung diberikan kepada tersangka Hastuti Singgih alias Linda. "Tapi bayi dikembalikan lagi karena sakit," tutur dia. 


Lantaran bayi sakit dan tak layak jual, kemudian Tati menyerahkan kembali kepada ibunya. "Tapi ternyata ibunya menolak mengambil darah dagingnya sendiri," sebut Hengki. 


Tak berhenti disitu, lantas Tuti mencoba menyerahkan Hanif kepada Elsa. Dari Elsa inilah bayi akhirnya sampai kepangkuan Rini alias Fatimah. Hingga kini polisi belum menetapkan status Elsa dan Rini. Penyidik masih memeriksa keduanya di Polres Jakarta Barat. "Sejauh ini mereka masih saksi," sambung Hengki. 



1 comment: